Pertemuan 2

 

MANAJEMEN, MANAJER DAN KEPEMIMPINAN

A. RUANG LINGKUP
Berdasarkan ruang lingkup manajemen, manajer, dan kepemimpinan tersebut, tidak menutup kemungkinan memiliki kesamaan dan perbedaan dalam hal implementasinya. Kesamaannya adalah bahwa antara manajemen, manajer dan kepemimpinan kedudukannya berada dalam organisasi. Sedangkan perbedaannya, manajemen adalah seni, ilmu dan prosesnya, manajer adalah orangnya, dan kepemimpinan adalah sifat atau jiwanya.

MANAJEMEN

1. Seni dan ilmu dlm perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pemotivasian, dan pengendalian terhadap orang dan mekanisme kerja untuk mencapai tujuan.

2. Seni, ilmu, dan prosesnya.

MANAJER

1. Seseorang yang bertindak sebagai perencana, pengorganisasian, pengarah, pemotivasi, dan pengendali thdp orang dan mekanisme kerja untuk mencapai tujuan.

2. Orang atau pelakunya.

KEPEMIMPINAN

1. Sikap yang harus di miliki oleh perencana, pengorganisasi, pengarah, pemotivasi, dan pengendali.

2. Sifat atau jiwanya.

B. TINGKATAN MANAJEMEN
Tingkatan manajemen dalam organisasi menurut Handoko (2003:17) membagi manajer menjadi tiga golongan yang berbeda, yaitu:
1. Manajer lini – pertama.
2. Manajer menengah.
3. Manajer puncak

Sedangkan menurut cakupan kegiatannya, manajer dapat dibedakan menjadi empat kelompok sebagaimana dikemukakan oleh Siswanto (2006:17) sebagai berikut:
1. Dewan direksi
2. Presiden organisasi
3. Departemen atau Kepala divisi
4. Manajer hierarki pertama

Tingkatan manajemen :
1. Manajer Puncak (Top Manager)Manajemen puncak bertanggung jawab atas manajemen keseluruhan dari suatu organisasi.

2. Manajer Garis Menengah (middle manager) Manajer yang dapat mencakup lebih dari satu tingkatan dalam suatu organisasi.
3. Manajer Garis Pertama (first line) Adalah tingkatan manajer yang paling rendah dalam suatu organisasi di mana seorang bertanggung jawab atas pekerjaan orang lain.

ORGANISASI SEBAGAI SUATU SISTEM

1Cakupan kegiatan manajer :

  1. Dewan Direksi = mengelola organisasi secarakeseluruhan.
  2. President Organisasi = mengelola para manajer agarterdapat kesatuan gerak dan tindakan untukmerealisasikan tujuan.
  3. Kepala Divisi = mengelola bawahan yang meliputi spesialisasi kerjanya masing-masing.
  4. Manajer hierarki pertama = cakupan kegiatannya dalam usaha pekerjaannya sesuai dengan tujuan organisasi.

C. KETRAMPILAN DAN PERAN MANAJER
Menurut George R. Terry (Siswanto, 2006:18) mendeskripsikan pekerjaan berdasarkan fungsinya:
1. Perencanaan
2. Pengorganisasian
3. Penggerakan
4. Pengendalian
Keterampilan-keterampilan manajerial yang harus dimiliki
oleh setiap manager, menurut Handoko (2003:36) yaitu:
1. Keterampilan konseptual (Conceptual skills)
2. Keterampilan kemanusian (human skills)
3. Keterampilan administratif (administrative skills)
4. Keterampilan teknik (technical skills)

George R. Tery mendeskripsikan pekerjaan manajer berdasarkan fungsinya sbb :
1. Perencanaan.
− Menetapkan, mendeskripsikan, dan menjelaskan tujuan.
− Memprakirakan.
− Menetapkan syarat dan dugaan tentang kinerja.
− Menetapkan dan menjelaskan tugas untuk mencapai tujuan
− Menetapkan rencana penyelesaian.
− Menetapkan kebijakan.
− Merencanakan standar-standar dan metode penyelesaian.
− Mengetahui lebih dahulu permasalahan yang akan datang dan mungkin terjadi.

2. Pengorganisasian.
− Mendeskripsikan pekerjaan dalam tugas pelaksaan.
− Mengklasifikasikan tugas pelaksanaan dlm pekerjaan perasional.
− Mengumpulkan pekerjaan operasional dlm kesatuan yang berhubungan dan dapat dikelola.
− Menetapkan syarat pekerjaan.
− Mengkaji dan menempatkan individu pada pekerjaan yang tepat.
− Mendelegasikan otoritas yg tepat kepada masing-masing manajemen.
− Memberikan fasilitas ketenagakerjaan dan sumber daya lainnya.
− Menyesuaikan organisasi ditinjau dari sudut pengendalian.

3. Penggerakan.
− Memberitahu dan menjelaskan tujuan kepada para bawahan
− Mengelola dan mengajak para bawahan untuk bekerja semaksimal mungkin.
− Membimbing bawahan untuk mencapai standar pelaksanaan.
− Mengembangkan bawahan untuk merealisasikan kemungkinan sepenuhnya.
− Memberikan orang hak untuk mendengarkan.
− Memuji dan memberikan sanksi secara adil.
− Memberi hadiah melalui penghargaan dan pembayaran untuk pekerjaan yg diselesaikan dengan baik.
− Memperbaiki usaha penggerakan dipandang dari sudut hasil pengendalian.

4. Pengawasan
− Membandingkan hasil dengan rencana pada umumnya.
− Menilai hasil dengan standar hasil pelaksanaan.
− Menciptakan alat yg efektif untuk mengukur pelaksanaan.
− Memberitahukan alat pengukur.
− Menganjurkan tindakan perbaikan bila diperlukan.
− Memberitahukan anggota tentang interpretasi yang bertanggung jawab.

Ketrampilan manajer :

  1. Ketrampilan konseptual = kemampuan memahami kompleksitas keseluruhan organisasi tempat seseorang beradaptasi dlm operasi.
  2. Ketrampilan kemanusiaan = kemampuan dan pertimbangan yg diusahakan bersama orang lain, termasuk penahaman mengenai motivasi dan aplikasi tentang kepemimpinan yg efektif.
  3. Ketrampilan administratif = seluruh ketrampilan yg berkaitandengan perencanaan, pengorganisasian, penyusunankepegawaian dan pengawasan.
  4. Ketrampilan teknis = kemampuan untuk menggunakanpengetahuan, metode, prosedur, teknik, dan akal yg diperlukan untuk melaksanakan tugas spesifik yg diperolehlewat pendidikan, pengalaman, dan pelatihan.

Selain keterampilan manajer tersebut di atas juga terdapat peran manajer dalam organisasi menurut Siswanto (2006:22) yaitu:
1. Peran antarpribadi manajer (The manager’s interpersonal roles)
a. Sebagai tokoh (central figure)
b. Sebagai pemimpin (leader)
c. Sebagai penghubung (liason)

2. Peran Informasional manajer (The manager’s informational roles)
a. Sebagai pemantau
b. Sebagai penyebar
c. Sebagai juru bicara

3. Peran pengambil keputusan manajer (The manager’s decisional roles)
a. Sebagai wirausaha
b. Sebagai pereda gangguan
c. Sebagai pengalokasian sumber daya
d. Sebagai perunding

1. PERANAN ANTAR PRIBADI
Tiga peranan antar pribadi (interpersonal) membantu manajer menjagaagar organisasi berjalan dengan lancar,yaitu:
a. Peranan tokoh (figurehead). Sebagai kepala suatu unit, manajer kadang-kadang berperan sebagai seorang tokoh dengan melakukan tugas-tugas seremonial.
b. Peranan pemimpin (leader), mengangkat pegawai, melatihnya, memberi dorongan dan membesarkan hatinya.
c. Peranan penghubung (liaison), yaitu dengan berhubungan terhadap orang yang bukan bawahan atau atasan misalnya, dengan rekan-rekannya dalam organisasi atau dengan langganan dan rekanan di luar organisasi.

2. PERANAN INFORMASIONAL
Manajer membutuhkan informasi untuk membuat keputusan yang benar dan orang lain dalam departemennya / dalam organisasi tergantung pada informasi yang di terima atau disalurkan melalui manajer itu.
a. Peran sebagai pemantau, manajer secara terus menerus mencari informasi yang dapat digunakan untuk keperluannya.
b. Peran sebagai penyebar, yaitu ia membagi-bagikan informasi penting yang tanpa dia tidak akan diperoleh.
c. Peran sebagai juru bicara, manajer menyiarkan sebagian informasi yang dikumpulkannya kepada orang-orang di luar unitnya, bahkan di luar organisasi.

3. PERANAN PENGAMBIL KEPUTUSAN
Dalam hal ini seorang manajer harus bisa memberikan keputusan yang jelas, sehingga dapat dengan mudah dimengerti oleh si penerima keputusan.
a. Peran Wiraswasta (Entrepreneur), manajer berusaha untuk menyempurnakan unitnya.
b. Peran Pemadam Keributan ( Disturbance Handler), ia bertindak terhadap keadaan yang berada di luar pengendaliannya.
c. Peran Pembagi Sumber Daya (Resource Allocator), manajer bertanggung jawab dalam menentukan bagaimana dan kepada siapa sumber daya yang dimiliki organisasi dan waktu yang di milikinya sendiri akan digunakan.
d. Peran Perunding (Negotiator), manajer melakukan perundingan dengan perusahaan konsultan, rekanan dan wakil serikat buruh.

Komentar Disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s